Kategori
Parsley (150gr)

Pemesanan dapat dilakukan untuk kelipatan 150gr.

Tags: sayur, parsley
Harga: Rp9.800,-
Jumlah : x  Beli

Overview

Parsley adalah tumbuhan dari famili seledri, berasal dari tanah mediterania, tepatnya di daerah Eropa bagian Selatan. Bagian yang dikonsumsi dari parsley adalah daunnya yang memiliki panjang sekitar 10 – 25 cm, dan dalam satu tangkai bisa terdapat satu sampai tiga daun. Parsley sudah dibudidayakan sejak dua ribu tahun yang lalu, oleh bangsa Yunani kuno parsley dianggap keramat pada jamannya, selain sebagai ramuan penyembuhan herbal, parsley juga dipakai sebagai hiasan mahkota bagi atlit yang berprestasi. Mereka menyebut parsley dengan nama seledri batu (rock celery). Dari namanya saja sudah bisa ditebak, parsley banyak ditemukan pada makanan Eropa dan Amerika, kebanyakan digunakan sebagai hiasan hidangan makanan, dapat juga sebagai campuran salad, sayuran sup, dan juga lalapan bersama ikan bakar.

Manfaat

Parsley memiliki kandungan nutrisi seperti flavonoid, luteolin yang bekerja sebagai antioksidan, asam folid, Vitamin K, C, dan A. Asam folid-nya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi resiko terkena serangan jantung dan juga stroke, kandungan vitamin dan betakarotennya berfungsi sebagai anti-inflammatory yang mencegah peradangan, rematik, dan menjaga sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit seperti infeksi dan flu. Parsley adalah sayuran rendah kalori namun bernutrisi tinggi sehingga aman dikonsumsi bagi yang mengalami masalah dengan kolesterol dan gula darah. Tapi perlu anda perhatikan, mengkonsumi parsley terlalu banyak terutama bagi ibu hamil dapat menimbulkan gejala kontraksi pada rahim yang disebut gejala uterotonika.

Nutrien % Daily Value Food Rating
Per 100 gram parsley
Kalori :36 Kkal
Lemak :0,8 gram
Sodium :56 mg
Potasium :554 mg
Karbohidrat :6 gram
Serat :3,3 gram
Gula :0,8 gram
Protein :3 gram
Vitamin A :168.00%
Kalsium :13.00%
Vitamin C :221.00%
Besi :34.00%
Vitamin B6 :5.00%
Magnesium :12.00%

Tips Memilih

Perhatikan ciri-ciri berikut ini : 1. Warna : Warnanya hijau cerah, tidak kekuningan. 2. Tekstur : Daunnya utuh, kering dan tidak layu.

Tips Mengolah

Parsley mudah rusak, jadi anda harus segera menyimpannya dalam kantong plastik di lemari es setelah mendapatkannya. Jika parsley anda tampak layu, perciki atau cuci ringan dengan air tanpa mengeringkannya, taruh dalam kantong plastik dan simpan dalam lemari es. Untuk mendapatkan kesegaran parsley sebelum pengolahan anda wajib mencucinya dengan merendam dalam air dan putar-putar parsley dalam air rendaman supaya kotorannya terlepas, tahap kedua anda mencucinya kembali dengan air matang dengan proses yang sama. Parsley cocok untuk campuran salad, atau lalapan ala Italia atau Amerika dengan kombinasi irisan lemon, saus tomat, dan tentunya daging steak, panggang, atau bakar. Selamat mencobanya.

x